BAB
I
PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Hubungan
perdagangan pada awalnya hanya terbatas pada satu wilayah Negara tertentu,
tetapi dengan semakin berkembangnya arus perdagangan maka hubungan dagang
tersebut tidak hanya dilakukan antara para pengusaha dalam satu wilayah negara
saja, tetapi juga dengan para pedagang dari negara lain, tidak terkecuali
Indonesia. Bahkan hubungan-hubungan dagang tersebut semakin beraneka ragam,
termasuk cara pembayarannya. Kegiatan ekspor impor didasari oleh kondisi bahwa
tidak ada suatu Negara yang benar-benar mandiri karena satu sama lain saling
membutuhkan dan saling mengisi. Setiap Negara memiliki karakteristik yang
berbeda, baik sumber daya alam, iklim, geografi, demografi, struktur ekonomi
dan struktur sosial. Perbedaan tersebut menyebabkan perbedaan komoditas yang
dihasilkan, komposisi biaya yang diperlukan, kualitas dan kuantitas
produk. secara langsung atau tidak langsung membutuhkan pelaksanaan
pertukaran barang dan atau jasa antara satu negara dengan negara
lainnya. Maka dari itu antara negara-negara yang terdapat didunia perlu
terjalin suatu hubungan perdagangan untuk memenuhi kebutuhan tiap-tiap negara
tersebut. Transakasi perdagangan internasional yang lebih dikenal
dengan istilah ekspor impor, pada hakikatnya adalah suatu transaksi sederhana
yang tidak lebih dari membeli dan menjual barang antara pengusaha-pengusaha
yang bertempat tinggal atau berdomisili dinegara-negara yang berbeda. Salah
satu perusahaan di indonesia yang melakukan transaksi ekspor adalah PT
NUTRIFOOD INDONESIA (NFI).
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Ekspor dan Impor
1.
Pengertian
Ekspor dan Impor
Ekspor adalah proses transportasi barang atau
komoditas dari suatu negara ke negara lain secara legal, umumnya dalam proses
perdagangan. Proses ekspor pada umumnya adalah tindakan untuk mengeluarkan
barang atau komoditas dari dalam negeri untuk memasukannya ke negara lain.
Ekspor barang secara besar umumnya membutuhkan campur tangan dari bea cukai di
negara pengirim maupun penerima. Ekspor adalah bagian penting dari perdagangan
internasional, lawannya adalah impor.
Impor adalah proses transportasi barang atau
komoditas dari suatu negara ke negara lain secara legal, umumnya dalam proses
perdagangan. Proses impor umumnya adalah tindakan memasukan barang atau
komoditas dari negara lain ke dalam negeri. Impor barang secara besar umumnya
membutuhkan campur tangan dari bea cukai di negara pengirim maupun penerima.
Impor adalah bagian penting dari perdagangan internasional, lawannya adalah
ekspor.
2. Manfaat Melakukan Ekspor Impor
Manfaat
perdagangan internasional adalah sebagai berikut.
v Memperoleh
barang yang tidak dapat diproduksi di negeri sendiri. Banyak faktor-faktor
yang mempengaruhi perbedaan hasil produksi di setiap negara. Faktor-faktor
tersebut diantaranya : Kondisi geografi, iklim, tingkat penguasaan iptek dan
lain-lain. Dengan adanya perdagangan internasional, setiap negara mampu
memenuhi kebutuhan yang tidak diproduksi sendiri.
v Memperoleh
keuntungan dari spesialisasi. Sebab utama kegiatan perdagangan luar negeri
adalah untuk memperoleh keuntungan yang diwujudkan oleh spesialisasi. Walaupun
suatu negara dapat memproduksi suatu barang yang sama jenisnya dengan yang
diproduksi oleh negara lain, tapi ada kalanya lebih baik apabila negara
tersebut mengimpor barang tersebut dari luar negeri.
v Memperluas
pasar dan menambah keuntungan. Terkadang, para pengusaha tidak menjalankan
mesin-mesinnya (alat produksinya) dengan maksimal karena mereka khawatir akan
terjadi kelebihan produksi, yang mengakibatkan turunnya harga produk mereka. Dengan
adanya perdagangan internasional, pengusaha dapat menjalankan mesin-mesinnya
secara maksimal, dan menjual kelebihan produk tersebut keluar negeri.
v Transfer
teknologi modern. Perdagangan luar negeri memungkinkan suatu negara untuk
mempelajari teknik produksi yang lebih efesien dan cara-cara manajemen yang
lebih modern.
3. Macam-Macam Cara Ekspor Yang
Digunakan
1.
Ekspor Biasa
Dalam
hal ini barang di kirim ke luar negeri sesuai dengan peraturan umum yang
berlaku, yang ditujukan kepada pembeli di luar negeri untuk memenuhi suatu
transaksi yang sebelumnya sudah diadakan dengan importir di luar negeri. Sesuai
dengan perturan devisa yang berlaku maka hasil devisa yang di peroleh dari
ekspor ini dapat di jual kepada Bank Indonesia, sedangkan eksportir menerima pemabayaran
dalam mata uang rupiah sesuai dengan penatapan nilai kurs valuta asing yang
ditentukan dalam bursa valuta, atau juga dapat dipakai sendiri oleh eksportir.
2.
Barter
Barter
adalah pengiriman barang-barang ke luar negeri untuk ditukarkan langsung dengan
barang, tidak menerima pembayaran di dalam mata uang rupiah. Kalau kiata
mempelajari sejarah masyarakat primitif ataupun masyarkat suku terasing, maka
kebanyakan cara yang mereka tempuh dalam memenuhi kebutuhannya adalah dengan
cara “tukar menukar” apa yang dipunyai (diproduksinya) dengan barang apa yang
di miliki tetangganya.
3.
Konsinyasi (Consignment)
Adalah
pengiriman barang ke luar negeri untuk di jual sedangkan hasil penjualannya
diperlakukan sama dengan hasil ekspor biasa. Jadi, dalam hal ini barang di
kirim ke luar negeri bukan untuk ditukarkan dengan barang lain seperti dalam
hal barter, dan juga bukan untuk memenuhi suatu transaksi yang sebelumnya sudah
dilakukan eperti dalam hal ekspor biasa. Tegasnya di dalam pengiriman barang
sebagai barang konsinyasi belum ada pembeli yang tertentu diluar negeri.
4.
Package-Deal
Dalam
rangka memperluas pasaran hasil bumi Indonesia terutama dengan negara sosialis,
pemerintah adakalanya mengadakan perjanjian perdagangan (trade agreement)
dengan salah satu negara pada perjanjian ditetapkan sejumlah barang tertentu
akan diekspor ke negara itu dan sebaliknya dan dari negara itu akan diimpor
sejumlah jenis barang yang dihasilkan dari negara tersebut dan yang kiranya
kita butuhkan. Pada prinsipnya semacam barter, namun terdiri dari aneka
komoditi.
5.
Penyelundupan (smuggling)
Di
negara manapun hampir selalu ada, baik perorangan maupun badan-badan usaha yang
hanya memikirkan kepentingan dan keuntungan diri sendiri tanpa mengindahkan
peraturan yang berlaku. Ada saja dalam perdagangan luar negeri golongan yang
berusaha lolos dari peraturan pemerintah yang dianggapnya merugikan
kepentingannya.
B. PT
Nutrifood Indonesia
1.
Sejarah dan Perkembangan PT Nutrifood
PT. Nutrifood
Indonesia atau lebih dikenal dengan Nutrifood adalah sebuah perseroan yang mana
merupakan perusahaan swasta nasional yang bergerak di industri makanan dan
minuman khususnya makanan dan minuman yang memberikan manfaat untuk kesegaran,
kesehatan, dan penampilan yang berkualitas internasional. Perusahaan yang
bergerak di bidang asupan nutrisi di Indonesia ini merupakan produsen beragam
produk makanan dan minuman kesehatan yang bermutu dan berkelas dunia.
Nutrifood
Indonesi sendiri didirikan pada tanggal 2 Februari 1979 di Semarang yang
diprakarsai oleh Bapak Hari Budiarto Darmawan, M.Sc, kemudian pada tanggal 2
November 1980 kemudian disahkan oleh menteri kehakiman RI Y.A. No. 5/586/2.
Pada awalnya kantor pusat PT Nutrifood Indonesia berlokasi di Jalan Tanah Abang
III No.31 Jakarta, sedangkan pabriknya berlokasi di Semarang, hasil produksinya
berupa sirup, minuman serbuk instant dan produk susu. Perpindahan lokasi
tersebut bertujuan untuk mengembangkan perusahaan dan mempermudah pelayanan
terhadap konsumen.
Hingga saat
ini PT Nutrifood Indonesia merupakan salah satu perusahaan swasta nasional yang
telah berhasil mengembangkan pasarnya bukan hanya di pasar lokal tetapi juga ke
pasar ekspor ke negara-negara berkembang lain. Dan tentu saja ini sangat
membanggakan, selain itu Nutrifood Indonesia juga telah mendapatkan berbagai
penghargaan. Dimana PT Nutrifood Indonesia sendiri menjadi perusahaan
yang secara inovatif mampu menginspirasi dan membantu setiap individu untuk
mencapai keseimbangan hidup dengan menjalankan pola hidup sehat. PT Nutrifood
Indonesia menerapkan sistem mutu untuk memperoleh produk yang konsisten dan
sesuai standar, serta untuk mendapatkan pengakuan internasional.
2.
Visi Dan Misi Perusahaan
Nutrifood berusaha untuk menjadi
pioneer dan pemimpin pasar dalam memberikan solusi atau cara yang tepat kepada
pelanggan kami untuk meraih kehidupan yang lebih sehat, lebih nikmat dan penuh
arti, baik untuk saat ini maupun di masa mendatang. Oleh karena itu PT
Nutrifood indonesia memiliki misi yaitu, Inspiring a nutritious life untuk mewujudkan misi tersebut,
Nutrifood berusaha memahami pelanggan dalam setiap fase kehidupan yang
dialaminya, mengidentifikasi kebutuhan unik mereka, dan memberikan solusi.
Terutama melalui produk dan pelayanan bernutrisi untuk meraih kehidupan yang
lebih sehat dan berkualitas. Nutrifood hadir untuk menginspirasi kehidupan yang
bernutrisi.
3.
Sertifikat
Standar Sistem Mutu Internasional
Pada tahun 1994 PT Nutrifood
Indonesia memperoleh sertifikat standar sistem mutu internasional, sekaligus
menjadi perusahaan makanan pertama di Indonesia yang mendapatkan ISO.
Sertifikat tersebut adalah :
·
National Sales mendapatkan sertifikat ISO 9002:1994 di
tahun 1997 dan kembali mendapatkan sertifikat ISO 9002:2000 di tahun 2005.
·
Laboratorium mendapatkan sertifikat ISO IEC 17025:2005
dan dan kembali mendapatkan sertifikat ISO IEC 1702:2005 di tahun 2008.
·
Holding company mendapatkan sertifikat ISO 9001:2000 di tahun 2005.
·
Manufaktur Nutrifood mendapat sertifikat ISO
22000:2005 di tahun 2008.
·
Nutrifood non manufaktur mendapat sertifikat ISO 9001:2008 di tahun 2009.
·
Di tahun 2010, Nutrifood mendapatkan sertifikat sistem
jaminan halal dari LP-POM MUI, sedangkan Sertifikat Halal bagi semua produk
Nutrifood telah didapatkan sesuai tahun launchingnya.
4.
Kultur
Perusahaan
PT Nutrifood Indonesia memiliki
budaya perusahaan (corporate culture)
tersendiri sebagai ciri khas dan jati diri keluarga besar PT Nutrifood
Indonesia. Budaya ini dikenal dengan sebutan I CARE. Budaya ini merupakan suatu
akronim dari beberapa kata dalam bahasa Inggris, yaitu :
a)
Integrity
Integrity atau nilai moral yang tinggi adalah dasar dari
kepercayaan dalam hubungan satu sama lain. Semua orang ingin berhubungan dengan
orang yang memiliki nilai-nilai etika dan dapat dipercaya. Contohnya bersikap
jujur dan bertanggung jawab atas pekerjaan dan hasil kerja.
b)
Collaboration
Collaboration atau kerja bersama untuk mencapai tujuan bersama
adalah prinsip kita dalam bekerja di suatu organisasi, diharapkan masing-masing
anggota organisasi dapat saling membantu dan menciptakan lingkungan kerja yang
menyenangkan. Contohnya berkontribusi aktif terhadap kemajuan tim, mau membantu
anggota kelompok yang membutuhkan.
c)
Innovation
Innovation atau menciptakan ide-ide baru adalah kunci
memenangkan persaingan di masa mendatang, bisa berupa terobosan (breakthrough) atau perbaikan terus
menerus (continuous improvement)
lingkungan yang kondusif bagi tim untuk bekerjasama mencapai visi. Dengan
terus berinovasi, kita juga bisa membangkitkan kebanggaan akan organisasi yang
terus menerus berada terdepan dalam bidangnya. Contohnya terbuka terhadap
perubahan baru dalam bekerja, mau memberikan ide baru untuk perbaikan
departemen.
a)
Respect
Respect atau menghargai orang lain adalah dasar yang paling
mendalam dari komunikasi yang sehat antara manusia. Semua orang ingin untuk
dihargai dan mendapat perlakuan baik. Contohnya menghargai perbedaan dan mau
mendengarkan pendapat orang lain.
b)
Excellence
Striving for Excellence atau kemauan untuk terus menerus
mencapai hasil yang lebih baik merupakan dasar dari profesionalisme dalam
bekerja, diharapkan setiap orang untuk bangga atas pekerjaan yang dilakukan
karena hasilnya sangat baik, dapat melebihi harapan konsumen, rekan kerja, dan
atasannya. Contohnya selalu berusaha untuk mencapai hasil kerja yang lebih
baik.
5.
Pilar Pendukung
PT Nutrifood Indonesia
PT Nutrifood Indonesia memiliki
pilar-pilar pendukung sebagai dasar dalam melaksanakan berbagai kegiatan
sehingga kegiatan-kegiatan tersebut mampu memberikan hasil yang memuaskan dan
bermanfaat. Pilar-pilar tersebut antara lain adalah :
1. Produk dan
layanan yang berkualitas
Nutrifood
secara inovatif menyediakan produk dan layanan premium yang bermutu tinggi,
memberi kemudahan dan menyenangkan, serta efektif berdasarkan pendekatan
ilmiah.
2. Managemen
yang profesional
Nutrifood
didukung oleh tim ahli yang profesional serta memiliki komitmen tinggi,
berpengalaman dan inovatif dalam memaksimalkan kualitas produk dan layanan
3. Program yang
melibatkan pemangku kepentingan
Nutrifood
secara inovatif dan proaktif melakukan edukasi dan promosi gaya hidup sehat dan
bernutrisi yang melibatkan pemangku kepentingan utama (Key stakeholders).
6. Produk PT
Nutrifood Indonesia
Saat ini PT Nutrifood Indonesia
sebagai sebuah perusahaan swasta nasional telah berhasil mengembangkan pasarnya
bukan hanya di pasar lokal namun juga ke pasar ekspor ke negara-negara sedang
berkembang lain. PT Nutrifood Indonesia adalah perusahaan yang secara
inovatif menginspirasi dan membantu setiap individu untuk mencapai keseimbangan
hidup dengan menjalankan pola hidup sehat yang menyenangkan dan memperhatikan
asupan nutrisi sehingga dapat menikmati hidup sehat lebih lama. Oleh karena itu, produk yang dihasilkan adalah produk-produk
untuk kesehatan. Dua macam produk yang dihasilkan oleh PT Nutrifood Indonesia,
yaitu:
1. Produk Diet
Produk Diet ini untuk
konsumen yang menderita penyakit Diabetes
melitus / kencing manis. Selain itu, penggunaan produk ini juga untuk
konsumen yang ingin menjaga kerampingan tubuh dalam mengatasi kegemukan.
2.
Produk non Diet
PT Nutrifood Indonesia terus berusaha untuk memajukan dan mengembangkan
produk-produknya sesuai dengan tuntutan zaman.
Produk utama
7. Pengenalan Produk PT Nutrifood Indonesia
1. Pemanis
Pemanis
merupakan serangkaian produk sehat dan bercitarasa tinggi yang menginspirasi konsumen
untuk hidup sehat lebih lama. Dengan kandungan yang memprioritaskan kesehatan
dan memberikan manfaat-manfaat kesehatan seperti bebas gula dan rendah kalori,
d) Healthy Meal
Ø Susu Healthy
Meal
Ø Healthy Meal
Cookies
Ø Healthy Meal
Variasi Gold
2. Produk Susu
Bubuk Non Fat
Merupakan
salah satu produk susu alami yang rendah lemak dan tingi protein. Tersedia
dalam berbagai merk sesuai dengan range konsumen yang diharapkan. Range
konsumen biasanya terbagi atas umur konsumen. Beberpa contohnya adalah susu
bubuk dengan berbagai rasa :
a)
Susu Bubuk Untuk Manula
Susu Bubuk Untuk Manula merupakan susu mineral alami dengan
Glucosamine dan Chondroitin untuk usia 50 tahun ke atas, sehingga tidak hanya
baik untuk tulang, namun juga sendi.
b)
Susu Bubuk Untuk Dewasa
Susu Bubuk Untuk Dewasa merupakan susu mineral alami untuk
kesehatan tulang dan sendi. Selain tinggi kalsium dan rendah lemak , Susu Bubuk
untuk dewasa juga mengandung Glucosamine dan Chondroitin untuk kesehatan sendi
cocok untuk usia antara 19 – 50 tahun.
c)
Susu Bubuk Untuk Remaja
Susu Bubuk untuk remaja merupakan susu mineral alami yang baik untuk
pertumbuhan tulang dan sendi yang tinggi kalsium dan rendah lemak,cocok untuk
usia dibawah 19 tahun.
d)
Susu Bubuk Untuk Anak-Anak
Masa kanak-kanak merupakan fase yang penting dalam pertumbuhan. Untuk itu,
anak Anda membutuhkan nutrisi yang tepat. Salah satu indikator pertumbuhan yang
baik adalah pertambahan tinggi dan berat badannya.
e)
Susu Bubuk Rasa Kacang Hijau
Susu Bubuk Kacang Hijau merupakan susu mineral alami rasa kacang
hijau.Selain tinggi kalsium dan rendah lemak, Susu Bubuk kacang hijau
juga mengandung susu kedelai, sehingga memiliki kandungan laktosa yang rendah.
f)
Susu Bubuk Soleha
Susu Bubuk Soleha merupakan susu mineral alami untuk orang yang
kurang mendapatkan sinar matahari. Hal ini dikarenakan selain tinggi kalsium
dan rendah lemak, Susu Bubuk Soleha juga tinggi Vitamin D (memenuhi 100%
kebutuhan tubuh per hari) yang dapat membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.
g)
Susu Bubuk Rasa Javacinno Latte
Susu Bubuk Javacinno Latte merupakan susu mineral alami untuk stamina
tinggi. Selain tinggi kalsium dan rendah lemak, Susu Bubuk Javacinno
Latte mengandung Vitamin B yang lebih lengkap sehingga dapat meningkatkan
energi dan stamina tubuh.
3. Sari Buah
Sari buah
dan sayur bernutrisi yang diproses dengan teknologi tinggi agar terjaga
kealamiannya. Kandungan vitamin C nya memenuhi 100% kebutuhan harianmu. Sari
buah mengandung 10 macam zat gizi utama yang diperlukan tubuh dan bebas bahan
pengawet.
4. Susu
Suplemen Pria
Merupakan
salah satu dari produk nutrifood yang diformulasikan untuk membantu pria dalam
membentuk otot dan tubuh yang atletis,serta membantu memberikan asupan energi
dan protein yang tinggi.
5. Susu Diet
SUSU DIET
adalah produk yang menawarkan program penurunan berat badan dengan gizi lengkap
dan kalori yang cukup. Produk ini terdiri dari makanan Diet utama (MDU) dan
makanan Diet pelengkap (MDP). Produk MDU untuk makan pagi dan malam, sedangkan
produk MDP merupakan makanan selingan di sela-sela waktu makanan untuk
mengatasi rasa lapar tanpa kalori yang berlebihan.
8. Target
Konsumen
Mutu produk
merupakan prioritas bagi kami. Hal ini diawali dengan pemilihan bahan baku yang
bermutu tinggi, proses produksi yang tertata dengan baik dan sistem
pengendalian mutu (quality control) yang ketat serta berdasarkan standard
internasional yang berlaku.Kami juga telah memperoleh sertifikasi sistem manajemen mutu ISO 9002,
sertifikasi Halal dari LPPOM-MUI
(Lembaga Pengkajian Pangan Obat-Obatan
dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia) dan menerapkan GMP (Good Manufacture Process) dan HACCP (Hazard Analysis
Critical Control Point). Selain itu, kami juga aktif melakukan perbaikan
terus menerus terhadap mutu proses dan produk kami dengan melibatkan seluruh
karyawan di perusahaan (Total Quality Management). Kesemuanya ini memampukan
kami untuk menjamin konsistensi mutu produk kami bagi konsumen.
9.
Sumber Daya Manusia
PT. Nutrifood Indonesia divisi Nutrisari memiliki kurang lebih 370 karyawan,
yang terdiri dari 14 karyawan manajerial dan 356 karyawan non
manajerial. Yang didalamnya terdapat konsumen, karyawan,
distributor, supplier, pemegang saham, Pemerintah dan masyarakat umum.
10. Sumber Daya Hardware
ü Mesin
: Internet adalah media paling luas informasi
dan fakta-fakta perusahaan.
ü Media Cetak : Majalah dan Koran.
ü Melalui
layanan Telepon.
ü Surat
elektronik kepada tim online.
11. Sumber Daya Software
Menyediakan
situs-situs untuk masyarakat umum agar kita dengan lebih mudah mencari dan
mengetahui informasi dalam perusahaan NutriSari. Nurtrifood menggunakan cookies
dan atau web beacons pd saat nutrifood beriklan di website perusahaan lain.
Setiap informasi yg disimpan dengan cara diatur oleh kebijakan privasi ini. Seperti
kebanyakan perusahaan, Nutrifood terkadang menggunakan teknologi “cookie”
website perusahaan.
Sumber Daya Data
Ø Data-data
yang terdapat dalam file Perusahaan yang digunakan untuk mengelolah dalam
mengembangkan perusahaan tersebut seperti Mengumpulkan data dari file web log (
seperti web browser saudara, system operasi, halaman yang dikunjungi dsb).
Ø Database
perusahaan tentang undian dan kontes.
Ø Sertifikasi
sistem manajemen mutu ISO 9002, sertifikasi Halal dari LPPOM-MUI (Lembaga
Pengkajian Pangan Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia) dan
menerapkan GMP (Good Manufacture Process) dan HACCP (Hazard Analysis
Critical Control Point).
12. Strategi untuk Menghadapi Persaingan
PT Nutrifood
juga memberikan layanan jasa konsumen. Bantuan
kepada Persadia dalam penanganan Diabetes; berkerjasama dengan Departemen
Kesehatan RI pada peringatan Hari AIDS 2006; membangun Puskesmas
Harjasari-Bogor; membangun kembali SD Kedung Pring, Bantuan akibat gempa bumi;
memberikan bantuan kepada para penderita thalassaemia melalui Yayasan
Thalassaemia Indonesia, pada hari Donor Darah Internasional 14 Juni lalu;
mensponsori kegiatan ”Ngopi bersama Komisi Nasional Perlindungan Anak” yang
membahas masalah aktual anak; dan banyak kegiatan sosial lainnya.
Mereka
memberikan program ”Sehat Lagi,
Semangat Lagi Bersama Nutri Sari”. Dalam program tersebut Nutri
Sari mengajak masyarakat Indonesia agar melakukan pola hidup sehat, dan
menekankan bahwa semangat berasal dari tubuh yang sehat.
13.
Strategi Pengembangan
PT. Nutrifood Indonesia, produsen makanan dan
minuman kesehatan, dengan rasa yang nikmat, bersama dengan salah satu produk
unggulannya yaitu, Nutri Sari, kembali mengajak keluarga Indonesia untuk hidup
bernutrisi, bergaya hidup yang sehat dan seimbang, melalui program ”Nutrifood
Peduli Nutrisi Anak, Agar Anak Tetap Bersemangat”, dengan meluncurkan program ”Sehat Lagi, Semangat Lagi
Bersama Nutri Sari”. Dalam program tersebut Nutri Sari mengajak
masyarakat Indonesia agar melakukan pola hidup sehat, dan menekankan bahwa
semangat berasal dari tubuh yang sehat.
Timbulnya
kesadaran akan hidup sehat sejak dini akan melahirkan anak-anak Indonesia yang
sehat, bersemangat dan berkualitas, sesuai dengan tema peringatan Anak Nasional
2007, yakni ”Anak Indonesia berkualitas, siap menjadi pemimpin di masa depan”.
Terbentuknya anak Indonesia yang berkualitas, tidak cukup hanya dengan
memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya
makanan dan minuman bergizi. Hal ini disadari oleh PT. Nutrifood Indonesia
melalui produk-produknya, maka selain memberikan pengetahuan kepada masyarakat
melalui bantuan publikasi media, juga serentak dilakukan serangkaian program
yang secara nyata mendorong peningkatan semangat anak Indonesia.
Selain itu
juga, masih mengusung tema ”Bagaimana menjaga semangat didik di dalam kelas,
Nutri Sari bekerja sama dengan Indomaret mengadakan pemilihan ”Guru
Bersemangat”. Program ini dilaksanakan mulai bulan Agustus hingga Akhir
September. Guru bersemangat dipilih berdasarkan esai terbaik yang dikirimkan ke
Nutrisari, dan 10 orang pemenangnya akan mendapatkan uang tunai sebesar 2 juta
rupiah.
Sementara
untuk kegiatan roadshow exhibition, akan dilakukan di 3 (tiga) kota besar di
Indonesia, yang telah diawali di kota Bandung pada tanggal 22 Juli 2007 yang
lalu bertempat Lapangan Saparua, dan dilanjutkan di Jakarta tanggal 11-12
Agustus di Lapangan MBAU Aldiron Pancoran dan Surabaya tanggal 2 Sept 2007 di
Lap Parkir Delta Plaza. Acara dimulai jam 7 pagi sampai dengan 5 sore dan ikut
dimeriahkan oleh Indy Barends. Selain bermacam permainan seru, juga akan ada
booth mengenai Rahasia si Jeruk, lomba yel-yel semangat keluarga, cheerleaders
dan jam jeruk raksasa.
14. Proses Dukungan untuk Pelanggan
Sebagai bagian
dari masyarakat, PT. Nutrifood
Indonesia melakukan program peduli masyarakat, dengan tema
“Nutrifood Cares For every Lifestages” antara lain: memberikan bantuan kepada
Persadia dalam penanganan Diabetes; berkerjasama dengan Departemen Kesehatan RI
pada peringatan Hari AIDS 2006; membangun Puskesmas Harjasari-Bogor; membangun
kembali SD Kedung Pring, Bantul akibat gempa bumi; memberikan bantuan kepada
para penderita thalassaemia melalui Yayasan Thalassaemia Indonesia, pada hari
Donor Darah Internasional 14 Juni lalu; mensponsori kegiatan ”Ngopi bersama
Komisi Nasional Perlindungan Anak” yang membahas masalah aktual anak; dan
banyak kegiatan sosial lainnya.
Interface atau
tampilan situs pada Perusahaan NutriSari yaitu menarik karena situs tersebut
berwarna Orange dilengkapi dengan gambar Jeruk raksasa yang lucu dan
gambar-gambar yang unik dengan tampilannya yang interktif dan animatif. Menu
dan Navigasinya mudah untuk diproses dan dipelajari karena menggunakan bahasa
Indonesia.
15. Komoditas Ekspor PT Nutrifood
Indonesia
Dalam melakukan
aktivitas pendistribusian dan penjualan produk, baik di pasar lokal maupun
Internasional, kami didukung oleh Nutri Interglobal Exporindo (NINE—salah satu
strategic business unit dari PT Nutrifood Indonesia). Selain itu, berbagai
agen besar yang tersebar di berbagai propinsi di Indonesia juga ikut membantu
pemerataan distribusi dan penjualan produk kami agar semakin cepat dapat
diterima oleh konsumen.
Aktivitas
pemasaran ini juga telah melewati batas negara dengan melakukan ekspor ke luar
negeri (dengan nama Nutri C, nassim fresh fruity), antara lain ke Nigeria,
Vietnam, Srilanka, Bangladesh, Yamen, Fiji, Australia dan Afganistan. Kami
terus mengembangkan pemasaran produk-produk kami, baik di pasar lokal maupun
internasional untuk memenuhi kebutuhan konsumen di berbagai tempat di belahan
dunia.
Komoditas
Indonesia KBRI Abuja bekerja sama dengan kantor Indonesian Trade Promotion
Center (ITPC) Lagos menyelenggarakan kegiatan promosi Trade Expo Indonesia
(TEI) 2012 dan Culture Trip pada 8-14 Juli 2012 di Lagos (Nigeria), Cotonou
(Rep Benin), Lome (Togo), dan Accra (Ghana).
Untuk
mencapai target tersebut, mulai pertengahan Juli 2012, ITPC Lagos mulai
intensif mempromosikan TEI 2012 baik di Nigeria maupun di kawasan Afrika Barat.
Promosi dilakukan dalam bentuk presentasi mengenai Trade Expo Indonesia 2012
dan dilanjutkan dengan pertemuan Business to Business (B to B) antara pengusaha
Indonesia (PT. Nutrifood Indonesia, CV. Tatie & Co) dengan pengusaha di
masing-masing negara yang dikunjungi. Kegiatan tersebut dilakukan di Gedung
Chambers of Commerce baik di Lagos, Benin, Togo dan Ghana.
Dalam
pertemuan B to B, PT. Nutrifood Indonesia telah mendapatkan beberapa importir dari
Negara Togo dan Ghana. Negara di Afrika Barat memiliki pasar yang sangat besar
untuk produk nonmigas khususnya Nigeria yang merupakan negara pengimpor
terbesar di Afrika. Nilai ekspor Indonesia ke Afrika Barat memiliki rata-rata
peningkatan sebesar 24% per tahun pada periode 2006-2010. Diharapkan dengan
adanya acara seperti ini dapat lebih mengenalkan Indonesia di dunia usaha
Afrika Barat dan membuat produk Indonesia lebih diminati negara tersebut,
sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan nilai ekspor produk Indonesia.
Gabungan
pengusaha makanan dan minuman indonesia (gapmi) berharap dapat menunjang
perdagangan kedua benua ini. Jumlah penduduk Asia Afrika yang mencapai empat
miliar menjadi salah satu potensi pasar yang dapat digarap secara serius.
Dengan adanya kerjasama tersebut
memberikan kesempatan untuk membuka hubungan dan perdagangan yang lebih lancar.
Ekspor makanan dan minuman ke Asia
Afrika sudah dimulai sejak beberapa tahun silam, namun kondisi keamanan dan
perbankan yang tidak stabil menyebabkan ekspor dari indonesia ke afrika baru
sekitlitar 20% dari total ekspor makanan dan minuman.
Hambatan
lainnya yang timbul adalah belum ada keterbukaan informasi diantara
negara-negara Asia Afrika. Hal ini mempersulit rencana ekspor dan
hitung-hitungan investasi dinegara yang akan dituju, padahal peluang ekspor
sangat besar karena kedua benua belum menerapkan aturan keamanan pangan dan
kesehatan seketat standar yang diterapkan Amerika Serikat dan Uni Eropa.
BAB
III
PENUTUP
Kesimpulan
PT
Nutrifood Indonesia merupakan salah satu perusahaan swasta nasional yang telah
berhasil mengembangkan pasarnya bukan hanya di pasar lokal tetapi juga ke pasar
ekspor ke negara-negara berkembang lain. PT Nutrifood Indonesia menerapkan
sistem mutu untuk memperoleh produk yang konsisten dan sesuai standar, serta
untuk mendapatkan pengakuan internasional.
Dalam melakukan
aktivitas pendistribusian dan penjualan produk, baik di pasar lokal maupun
Internasional, kami didukung oleh Nutri Interglobal Exporindo (NINE—salah satu
strategic business unit dari PT Nutrifood Indonesia). Selain itu, berbagai
agen besar yang tersebar di berbagai propinsi di Indonesia juga ikut membantu
pemerataan distribusi dan penjualan produk kami agar semakin cepat dapat
diterima oleh konsumen.
Aktivitas
pemasaran ini juga telah melewati batas negara dengan melakukan ekspor ke luar
negeri (dengan nama Nutri C, nassim fresh fruity), antara lain ke Nigeria,
Vietnam, Srilanka, Bangladesh, Yamen, Fiji, Australia dan Afganistan. Kami
terus mengembangkan pemasaran produk-produk kami, baik di pasar lokal maupun
internasional untuk memenuhi kebutuhan konsumen di berbagai tempat di belahan
dunia.
Saran
·
Perlu adannya keterbukaan informasi dalam
melakuakan ekspor maupun impor khususnya hubungan multilateral antara
Asia-Afrika, sehingga tidak mempersulit rencana ekspor dan membuka peluang
investor untuk berinvestasi.
·
Adannya penyesuaian penerapan aturan keamanan
pangan dan kesehatan di negara-negara Asia-Afrika seperti standar yang
diterapkan Amerika Serikat dan Uni Eropa.