Selasa, 29 April 2014

Indahnya Berjiwa Besar


berjiwa besar...
laksana menggegam sebuah duri
bertahan..bertahan..bertahan..
sakit memang namun lalu apakah berbuat baik dengan jiwa yang besar
lantas membuat pilu hati??
saya rasa tidak
jikadilakukan berulangkali
rasa itu akan menjadi sebuah kekuatan dalam diri
melatih diri berjuang dengan perjuangan yang sesungguhnya
bermakna nan indah
ketika seseorang telah menganggap sebatas angin lalu lalang
kebaikan dan ketulusan tak dilihat sama sekali
bahkan terlalu acuh
namun.. apakah iya ????
apakah iya ada kecewa??
jika iya .. ada yang salah atas niat dalam sanubari
niat yang terpenting,,
awal - awal yah begitu sakit, tapi setelah berkali-kali salah
akan ada hal yang luarbiasa yang akan kita ambil
pelajaran berharga..
jika niat hanya ingin dilihat orang
maka kecewa akan hadir terbesit dihati
akan sedih bila tak dipandang
akan frustasi ketika orang lain acuh
...................................................
berfikirlah sejenak...

.

Buka hatimu kawan,,
cintanya itu lebih indah
lebih nyaman
dan lebih tenang
iya CInta
CInta yang akan menguatkan atas niat baikkita 
tentu lurus karena NYA
Allahurabbuna
coba renungkan sahabatku............
InsyaAllah kaudapat berfikir jernih dan lanjut mengeksplor diri dengan 
berbesar hati dan jiwa
keelokan persahabatan

Keeratan dalam sanubari terdalam
mengalun bersama lamanya waktu
tak terhitung 
deti demi detik
jam bahkan tahun..

bertahun - tahun saling mengenal
tak satu pun kisah antara kita terlupa dalam ingatan ini
begitu dahsyatnya sebuah kenangan
kini telah mendarah daging bersama jiwa

entah seberapa lama aku berdiri
menatap senyuman mu
namun yang perlu ku ungkap hanyalah
bahagia
bahagia bersama hari-hari mu

keceriaan
kesedihan
namun itu berarti untuk ku
:)
 

Sabtu, 19 April 2014

Pertemuan yang tak disangka, dari latar belakang dan daerah yang berbeda
setidaknya aku merasa beruntung dipertemukan dengan sahabat, teman, telah lama menemani
berbagi rasa, canda tawa, susah, sedih...
tak terasa, tahun demi tahun kita lalui
sahabatku...
terimakasih atas kebersamaan ini
terimakasih telah mengukir masa bersama ku

Selagi kita bersama
Semoga kesuksesan dapat kita gapai
dan 
semoga kasih sayang ini
terukir karena ALLAH 
^_^

Contoh Latar Belakang




1.1.Latar Belakang Masalah
Banyak mahasiswa dan mahasiswi yang memakai baju berwarna-warni, tidak mengunakan seragam seperti anak sekolah lagi. Di universitas Islam Syekh Yusuf-Tangerang ini adalah universitas Islam jadi kebanyakan para maha siswi memakai kerudung. Biasanya baju yang di pakai sesuai dengan warna kerudungnya atau sebaliknya.
            Penampilan juga bukan hanya ditentukan merek, model atau mahalnya harga busana. Warna busana yang kita pilih ikut menentukan karena pemilihan warna busana adalah masalah sensitif. Ada warna yang perlu dihindari mereka yang berkulit terang dan sebaliknya untuk yang berjenis kulit lainnya.
ada banyak warna kulit, yang pertama adalah orang yang memiliki warna kulit putih, warna kulit ini sesuai mengenakan warna apapun, namun, lebih terlihat elegan saat mengenakan warna pakaian yang lembut seperti pastel. Warna tersebut akan membuat Anda terlihat lebih rileks. Warna lainnya adalah warna abu-abu, biru, ungu, cokelat, gading, merah, off-white, biru terang, beige, bold blue. Sedangkan warna yang harus dihindari antara lain: ungu tua dan kuning. Orang yang memiliki kulit sawo matang jangan ragu untuk memilih warna ungu, tosca atau maroon agar terlihat lebih menarik. Untuk Anda yang berkulit agak kecoklatan perpaduan warna terang dan gelap akan terlihat mewah. Warna lain yang dapat Anda pilih yaitu pink, jingga, hitam, gading, biru tua, maroon dan ungu. Sebisa mungkin hindari warna olive, merah, hijau tua dan cokelat tua. Jika Anda memiliki kulit kuning langsat, lebih pantas jika Anda mengenakan warna tropis seperti jingga, hijau, merah, kuning dan biru. Bisa juga pakaian warna pink. Namun jangan memakai baju yang bernuasa emas, jingga dan cokelat. Kulit gelap kulit eksotik sebaiknya dibalut dengan busana berwarna tanah yang lembut. Hindari penggunaan warna busana yang terlalu kontras pada kulit, misalnya shocking pink. Silahkan memakai warna kontras seperti itu untuk pergi clubbing, tetapi tidak bukan untuk keseharian Anda. Rekomendasi warna untuk kulit gelap yaitu warna merah bata, kuning atau warna tanah lain yang lembut.
            Berdasarkan uraian diatas maka penulis ingin mengetahui jumlah pemakai busana menurut jenis warna yang ada di kampus Universitas Tangerang tepatnya jurusan Akuntansi.

EKONOMI INTERNASIONAL



BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang
Hubungan perdagangan pada awalnya hanya terbatas pada satu wilayah Negara tertentu, tetapi dengan semakin berkembangnya arus perdagangan maka hubungan dagang tersebut tidak hanya dilakukan antara para pengusaha dalam satu wilayah negara saja, tetapi juga dengan para pedagang dari negara lain, tidak terkecuali Indonesia. Bahkan hubungan-hubungan dagang tersebut semakin beraneka ragam, termasuk cara pembayarannya. Kegiatan ekspor impor didasari oleh kondisi bahwa tidak ada suatu Negara yang benar-benar mandiri karena satu sama lain saling membutuhkan dan saling mengisi. Setiap Negara memiliki karakteristik yang berbeda, baik sumber daya alam, iklim, geografi, demografi, struktur ekonomi dan struktur sosial. Perbedaan tersebut menyebabkan perbedaan komoditas yang dihasilkan, komposisi biaya yang diperlukan, kualitas dan kuantitas produk.  secara langsung atau tidak langsung membutuhkan pelaksanaan pertukaran barang dan  atau jasa antara satu negara dengan negara lainnya. Maka dari itu antara negara-negara yang terdapat didunia perlu terjalin suatu hubungan perdagangan untuk memenuhi kebutuhan tiap-tiap negara tersebut. Transakasi perdagangan  internasional yang lebih dikenal dengan istilah ekspor impor, pada hakikatnya adalah suatu transaksi sederhana yang tidak lebih dari membeli dan menjual barang antara pengusaha-pengusaha yang bertempat tinggal atau berdomisili dinegara-negara yang berbeda. Salah satu perusahaan di indonesia yang melakukan transaksi ekspor adalah PT NUTRIFOOD INDONESIA (NFI).


BAB II
PEMBAHASAN
                      
A. Ekspor dan Impor
1.    Pengertian Ekspor dan Impor
Ekspor adalah proses transportasi barang atau komoditas dari suatu negara ke negara lain secara legal, umumnya dalam proses perdagangan. Proses ekspor pada umumnya adalah tindakan untuk mengeluarkan barang atau komoditas dari dalam negeri untuk memasukannya ke negara lain. Ekspor barang secara besar umumnya membutuhkan campur tangan dari bea cukai di negara pengirim maupun penerima. Ekspor adalah bagian penting dari perdagangan internasional, lawannya adalah impor.
Impor adalah proses transportasi barang atau komoditas dari suatu negara ke negara lain secara legal, umumnya dalam proses perdagangan. Proses impor umumnya adalah tindakan memasukan barang atau komoditas dari negara lain ke dalam negeri. Impor barang secara besar umumnya membutuhkan campur tangan dari bea cukai di negara pengirim maupun penerima. Impor adalah bagian penting dari perdagangan internasional, lawannya adalah ekspor.

2.      Manfaat Melakukan Ekspor Impor
Manfaat perdagangan internasional adalah sebagai berikut.
v  Memperoleh barang yang tidak dapat diproduksi di negeri sendiri. Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan hasil produksi di setiap negara. Faktor-faktor tersebut diantaranya : Kondisi geografi, iklim, tingkat penguasaan iptek dan lain-lain. Dengan adanya perdagangan internasional, setiap negara mampu memenuhi kebutuhan yang tidak diproduksi sendiri.
v  Memperoleh keuntungan dari spesialisasi. Sebab utama kegiatan perdagangan luar negeri adalah untuk memperoleh keuntungan yang diwujudkan oleh spesialisasi. Walaupun suatu negara dapat memproduksi suatu barang yang sama jenisnya dengan yang diproduksi oleh negara lain, tapi ada kalanya lebih baik apabila negara tersebut mengimpor barang tersebut dari luar negeri.
v  Memperluas pasar dan menambah keuntungan. Terkadang, para pengusaha tidak menjalankan mesin-mesinnya (alat produksinya) dengan maksimal karena mereka khawatir akan terjadi kelebihan produksi, yang mengakibatkan turunnya harga produk mereka. Dengan adanya perdagangan internasional, pengusaha dapat menjalankan mesin-mesinnya secara maksimal, dan menjual kelebihan produk tersebut keluar negeri.
v  Transfer teknologi modern. Perdagangan luar negeri memungkinkan suatu negara untuk mempelajari teknik produksi yang lebih efesien dan cara-cara manajemen yang lebih modern.

3.      Macam-Macam Cara Ekspor Yang Digunakan
1.      Ekspor Biasa
Dalam hal ini barang di kirim ke luar negeri sesuai dengan peraturan umum yang berlaku, yang ditujukan kepada pembeli di luar negeri untuk memenuhi suatu transaksi yang sebelumnya sudah diadakan dengan importir di luar negeri. Sesuai dengan perturan devisa yang berlaku maka hasil devisa yang di peroleh dari ekspor ini dapat di jual kepada Bank Indonesia, sedangkan eksportir menerima pemabayaran dalam mata uang rupiah sesuai dengan penatapan nilai kurs valuta asing yang ditentukan dalam bursa valuta, atau juga dapat dipakai sendiri oleh eksportir.
2.      Barter
Barter adalah pengiriman barang-barang ke luar negeri untuk ditukarkan langsung dengan barang, tidak menerima pembayaran di dalam mata uang rupiah. Kalau kiata mempelajari sejarah masyarakat primitif ataupun masyarkat suku terasing, maka kebanyakan cara yang mereka tempuh dalam memenuhi kebutuhannya adalah dengan cara “tukar menukar” apa yang dipunyai (diproduksinya) dengan barang apa yang di miliki tetangganya.

3.      Konsinyasi (Consignment)
Adalah pengiriman barang ke luar negeri untuk di jual sedangkan hasil penjualannya diperlakukan sama dengan hasil ekspor biasa. Jadi, dalam hal ini barang di kirim ke luar negeri bukan untuk ditukarkan dengan barang lain seperti dalam hal barter, dan juga bukan untuk memenuhi suatu transaksi yang sebelumnya sudah dilakukan eperti dalam hal ekspor biasa. Tegasnya di dalam pengiriman barang sebagai barang konsinyasi belum ada pembeli yang tertentu diluar negeri.
4.      Package-Deal
Dalam rangka memperluas pasaran hasil bumi Indonesia terutama dengan negara sosialis, pemerintah adakalanya mengadakan perjanjian perdagangan (trade agreement) dengan salah satu negara pada perjanjian ditetapkan sejumlah barang tertentu akan diekspor ke negara itu dan sebaliknya dan dari negara itu akan diimpor sejumlah jenis barang yang dihasilkan dari negara tersebut dan yang kiranya kita butuhkan. Pada prinsipnya semacam barter, namun terdiri dari aneka komoditi.
5.      Penyelundupan (smuggling)
Di negara manapun hampir selalu ada, baik perorangan maupun badan-badan usaha yang hanya memikirkan kepentingan dan keuntungan diri sendiri tanpa mengindahkan peraturan yang berlaku. Ada saja dalam perdagangan luar negeri golongan yang berusaha lolos dari peraturan pemerintah yang dianggapnya merugikan kepentingannya.

B. PT Nutrifood Indonesia   
1.                       Sejarah dan Perkembangan PT Nutrifood
PT. Nutrifood Indonesia atau lebih dikenal dengan Nutrifood adalah sebuah perseroan yang mana merupakan perusahaan swasta nasional yang bergerak di industri makanan dan minuman khususnya makanan dan minuman yang memberikan manfaat untuk kesegaran, kesehatan, dan penampilan yang berkualitas internasional. Perusahaan yang bergerak di bidang asupan nutrisi di Indonesia ini merupakan produsen beragam produk makanan dan minuman kesehatan yang bermutu dan berkelas dunia.
Nutrifood Indonesi sendiri didirikan pada tanggal 2 Februari 1979 di Semarang yang diprakarsai oleh Bapak Hari Budiarto Darmawan, M.Sc, kemudian pada tanggal 2 November 1980 kemudian disahkan oleh menteri kehakiman RI Y.A. No. 5/586/2. Pada awalnya kantor pusat PT Nutrifood Indonesia berlokasi di Jalan Tanah Abang III No.31 Jakarta, sedangkan pabriknya berlokasi di Semarang, hasil produksinya berupa sirup, minuman serbuk instant dan produk susu. Perpindahan lokasi tersebut bertujuan untuk mengembangkan perusahaan dan mempermudah pelayanan terhadap konsumen.
Hingga saat ini PT Nutrifood Indonesia merupakan salah satu perusahaan swasta nasional yang telah berhasil mengembangkan pasarnya bukan hanya di pasar lokal tetapi juga ke pasar ekspor ke negara-negara berkembang lain. Dan tentu saja ini sangat membanggakan, selain itu Nutrifood Indonesia juga telah mendapatkan berbagai penghargaan. Dimana PT Nutrifood Indonesia  sendiri menjadi perusahaan yang secara inovatif mampu menginspirasi dan membantu setiap individu untuk mencapai keseimbangan hidup dengan menjalankan pola hidup sehat. PT Nutrifood Indonesia menerapkan sistem mutu untuk memperoleh produk yang konsisten dan sesuai standar, serta untuk mendapatkan pengakuan internasional.

2.                  Visi Dan Misi Perusahaan
Nutrifood berusaha untuk menjadi pioneer dan pemimpin pasar dalam memberikan solusi atau cara yang tepat kepada pelanggan kami untuk meraih kehidupan yang lebih sehat, lebih nikmat dan penuh arti, baik untuk saat ini maupun di masa mendatang. Oleh karena itu PT Nutrifood indonesia memiliki misi yaitu, Inspiring a nutritious life untuk mewujudkan misi tersebut, Nutrifood berusaha memahami pelanggan dalam setiap fase kehidupan yang dialaminya, mengidentifikasi kebutuhan unik mereka, dan memberikan solusi. Terutama melalui produk dan pelayanan bernutrisi untuk meraih kehidupan yang lebih sehat dan berkualitas. Nutrifood hadir untuk menginspirasi kehidupan yang bernutrisi.

3.                  Sertifikat Standar Sistem Mutu Internasional
Pada tahun 1994 PT Nutrifood Indonesia memperoleh sertifikat standar sistem mutu internasional, sekaligus menjadi perusahaan makanan pertama di Indonesia yang mendapatkan ISO. Sertifikat tersebut adalah :
·         National Sales mendapatkan sertifikat ISO 9002:1994 di tahun 1997 dan kembali mendapatkan sertifikat ISO 9002:2000 di tahun 2005.
·         Laboratorium mendapatkan sertifikat ISO IEC 17025:2005 dan dan kembali mendapatkan sertifikat ISO IEC 1702:2005 di tahun 2008.
·         Holding company mendapatkan sertifikat ISO 9001:2000 di tahun 2005.
·         Manufaktur Nutrifood mendapat sertifikat ISO 22000:2005 di tahun 2008.
·         Nutrifood non manufaktur mendapat sertifikat ISO 9001:2008 di tahun 2009.
·         Di tahun 2010, Nutrifood mendapatkan sertifikat sistem jaminan halal dari LP-POM MUI, sedangkan Sertifikat Halal bagi semua produk Nutrifood telah didapatkan sesuai tahun launchingnya.

4.                       Kultur Perusahaan
PT Nutrifood Indonesia memiliki budaya perusahaan (corporate culture) tersendiri sebagai ciri khas dan jati diri keluarga besar PT Nutrifood Indonesia. Budaya ini dikenal dengan sebutan I CARE. Budaya ini merupakan suatu akronim dari beberapa kata dalam bahasa Inggris, yaitu :
a)      Integrity
Integrity atau nilai moral yang tinggi adalah dasar dari kepercayaan dalam hubungan satu sama lain. Semua orang ingin berhubungan dengan orang yang memiliki nilai-nilai etika dan dapat dipercaya. Contohnya bersikap jujur dan bertanggung jawab atas pekerjaan dan hasil kerja.
b)      Collaboration
Collaboration atau kerja bersama untuk mencapai tujuan bersama adalah prinsip kita dalam bekerja di suatu organisasi, diharapkan masing-masing anggota organisasi dapat saling membantu dan menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan. Contohnya berkontribusi aktif terhadap kemajuan tim, mau membantu anggota kelompok yang membutuhkan.
c)      Innovation
Innovation atau menciptakan ide-ide baru adalah kunci memenangkan persaingan di masa mendatang, bisa berupa terobosan (breakthrough) atau perbaikan terus menerus (continuous improvement) lingkungan yang kondusif bagi tim untuk bekerjasama  mencapai visi. Dengan terus berinovasi, kita juga bisa membangkitkan kebanggaan akan organisasi yang terus menerus berada terdepan dalam bidangnya. Contohnya terbuka terhadap perubahan baru dalam bekerja, mau memberikan ide baru untuk perbaikan departemen.
a)      Respect
Respect atau menghargai orang lain adalah dasar yang paling mendalam dari komunikasi yang sehat antara manusia. Semua orang ingin untuk dihargai dan mendapat perlakuan baik. Contohnya menghargai perbedaan dan mau mendengarkan pendapat orang lain.
b)      Excellence
Striving for Excellence atau kemauan untuk terus menerus mencapai hasil yang lebih baik merupakan dasar dari profesionalisme dalam bekerja, diharapkan setiap orang untuk bangga atas pekerjaan yang dilakukan karena hasilnya sangat baik, dapat melebihi harapan konsumen, rekan kerja, dan atasannya. Contohnya selalu berusaha untuk mencapai hasil kerja yang lebih baik.




5.                  Pilar Pendukung PT Nutrifood Indonesia
PT Nutrifood Indonesia memiliki pilar-pilar pendukung sebagai dasar dalam melaksanakan berbagai kegiatan sehingga kegiatan-kegiatan tersebut mampu memberikan hasil yang memuaskan dan bermanfaat. Pilar-pilar tersebut antara lain adalah :
1.      Produk dan layanan yang berkualitas
Nutrifood secara inovatif menyediakan produk dan layanan premium yang bermutu tinggi, memberi kemudahan dan menyenangkan, serta efektif berdasarkan pendekatan ilmiah.
2.      Managemen yang profesional
Nutrifood didukung oleh tim ahli yang profesional serta memiliki komitmen tinggi, berpengalaman dan inovatif dalam memaksimalkan kualitas produk dan layanan
3.      Program yang melibatkan pemangku kepentingan
Nutrifood secara inovatif dan proaktif melakukan edukasi dan promosi gaya hidup sehat dan bernutrisi yang melibatkan pemangku kepentingan utama (Key stakeholders).

6.         Produk PT Nutrifood Indonesia
Saat ini PT Nutrifood Indonesia sebagai sebuah perusahaan swasta nasional telah berhasil mengembangkan pasarnya bukan hanya di pasar lokal namun juga ke pasar ekspor ke negara-negara sedang berkembang lain. PT Nutrifood Indonesia  adalah perusahaan yang secara inovatif menginspirasi dan membantu setiap individu untuk mencapai keseimbangan hidup dengan menjalankan pola hidup sehat yang menyenangkan dan memperhatikan asupan nutrisi sehingga dapat menikmati hidup sehat lebih lama. Oleh karena itu, produk yang dihasilkan adalah produk-produk untuk kesehatan. Dua macam produk yang dihasilkan oleh PT Nutrifood Indonesia, yaitu:
1.      Produk Diet
Produk Diet ini untuk konsumen yang menderita penyakit Diabetes melitus / kencing manis. Selain itu, penggunaan produk ini juga untuk konsumen yang ingin menjaga kerampingan tubuh dalam mengatasi kegemukan.
2.      Produk non Diet
PT Nutrifood Indonesia terus berusaha untuk memajukan dan mengembangkan produk-produknya sesuai dengan tuntutan zaman.
Produk utama
·         Tropicana Slim
·         Nutrisari
·         HiLo
·         L-Men
·         WRP

7.         Pengenalan Produk PT Nutrifood Indonesia
1.      Pemanis
Pemanis merupakan serangkaian produk sehat dan bercitarasa tinggi yang menginspirasi konsumen untuk hidup sehat lebih lama. Dengan kandungan yang memprioritaskan kesehatan dan memberikan manfaat-manfaat kesehatan seperti bebas gula dan rendah kalori,
a)      Produk Bebas Gula
Ø  Syrup
b)      Susu Non Fat
Ø   Omega-Fiber
c)      Pelengkap Masakan
Ø   Corn Oil

d)     Healthy Meal
Ø  Susu Healthy Meal
Ø  Healthy Meal Cookies
Ø  Healthy Meal Variasi Gold
2.      Produk Susu Bubuk Non Fat
Merupakan salah satu produk susu alami yang rendah lemak dan tingi protein. Tersedia dalam berbagai merk sesuai dengan range konsumen yang diharapkan. Range konsumen biasanya terbagi atas umur konsumen. Beberpa contohnya adalah susu bubuk dengan berbagai rasa :
a)      Susu Bubuk Untuk Manula
Susu Bubuk  Untuk Manula merupakan susu mineral alami dengan Glucosamine dan Chondroitin untuk usia 50 tahun ke atas, sehingga tidak hanya baik untuk tulang, namun juga sendi.
b)      Susu Bubuk  Untuk Dewasa
Susu Bubuk  Untuk Dewasa  merupakan susu mineral alami untuk kesehatan tulang dan sendi. Selain tinggi kalsium dan rendah lemak , Susu Bubuk untuk dewasa juga mengandung Glucosamine dan Chondroitin untuk kesehatan sendi cocok untuk usia antara 19 – 50 tahun.
c)      Susu Bubuk Untuk Remaja
Susu Bubuk untuk remaja merupakan susu mineral alami yang baik untuk pertumbuhan tulang dan sendi yang tinggi kalsium dan rendah lemak,cocok untuk usia dibawah 19 tahun.
d)     Susu Bubuk Untuk Anak-Anak
Masa kanak-kanak merupakan fase yang penting dalam pertumbuhan. Untuk itu, anak Anda membutuhkan nutrisi yang tepat. Salah satu indikator pertumbuhan yang baik adalah pertambahan tinggi dan berat badannya.
e)      Susu Bubuk Rasa Kacang Hijau
Susu Bubuk  Kacang Hijau merupakan susu mineral alami rasa kacang hijau.Selain tinggi kalsium dan rendah lemak, Susu Bubuk  kacang hijau juga mengandung susu kedelai, sehingga memiliki kandungan laktosa yang rendah.
f)       Susu Bubuk Soleha
Susu Bubuk  Soleha merupakan susu mineral alami untuk orang yang kurang mendapatkan sinar matahari. Hal ini dikarenakan selain tinggi kalsium dan rendah lemak, Susu Bubuk  Soleha juga tinggi Vitamin D (memenuhi 100% kebutuhan tubuh per hari) yang dapat membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.
g)      Susu Bubuk Rasa Javacinno Latte
Susu Bubuk  Javacinno Latte merupakan susu mineral alami untuk stamina tinggi. Selain tinggi kalsium dan rendah lemak, Susu Bubuk  Javacinno Latte mengandung Vitamin B yang lebih lengkap sehingga dapat meningkatkan energi dan stamina tubuh.
3.      Sari Buah
Sari buah dan sayur bernutrisi yang diproses dengan teknologi tinggi agar terjaga kealamiannya. Kandungan vitamin C nya memenuhi 100% kebutuhan harianmu. Sari buah mengandung 10 macam zat gizi utama yang diperlukan tubuh dan bebas bahan pengawet.
4.      Susu Suplemen Pria
Merupakan salah satu dari produk nutrifood yang diformulasikan untuk membantu pria dalam membentuk otot dan tubuh yang atletis,serta membantu memberikan asupan energi dan protein yang tinggi.
5.      Susu Diet
SUSU DIET adalah produk yang menawarkan program penurunan berat badan dengan gizi lengkap dan kalori yang cukup. Produk ini terdiri dari makanan Diet utama (MDU) dan makanan Diet pelengkap (MDP). Produk MDU untuk makan pagi dan malam, sedangkan produk MDP merupakan makanan selingan di sela-sela waktu makanan untuk mengatasi rasa lapar tanpa kalori yang berlebihan.



8.         Target Konsumen
Mutu produk merupakan prioritas bagi kami. Hal ini diawali dengan pemilihan bahan baku yang bermutu tinggi, proses produksi yang tertata dengan baik dan sistem pengendalian mutu (quality control) yang ketat serta berdasarkan standard internasional yang berlaku.Kami juga telah memperoleh sertifikasi sistem manajemen mutu ISO 9002, sertifikasi Halal dari LPPOM-MUI (Lembaga Pengkajian Pangan Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia) dan menerapkan GMP (Good Manufacture Process) dan HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point). Selain itu, kami juga aktif melakukan perbaikan terus menerus terhadap mutu proses dan produk kami dengan melibatkan seluruh karyawan di perusahaan (Total Quality Management). Kesemuanya ini memampukan kami untuk menjamin konsistensi mutu produk kami bagi konsumen.

9.         Sumber Daya Manusia                                                         

PT. Nutrifood Indonesia divisi Nutrisari memiliki kurang lebih 370 karyawan, yang terdiri dari 14 karyawan manajerial dan 356 karyawan non manajerial. Yang didalamnya terdapat konsumen, karyawan, distributor, supplier, pemegang saham, Pemerintah dan masyarakat umum.

10.       Sumber Daya Hardware
ü  Mesin : Internet adalah media paling luas informasi dan fakta-fakta perusahaan.
ü  Media Cetak : Majalah dan Koran.
ü  Melalui layanan Telepon.
ü  Surat elektronik kepada tim online.
11.       Sumber Daya Software
Menyediakan situs-situs untuk masyarakat umum agar kita dengan lebih mudah mencari dan mengetahui informasi dalam perusahaan NutriSari. Nurtrifood menggunakan cookies dan atau web beacons pd saat nutrifood beriklan di website perusahaan lain. Setiap informasi yg disimpan dengan cara diatur oleh kebijakan privasi ini. Seperti kebanyakan perusahaan, Nutrifood terkadang menggunakan teknologi “cookie” website perusahaan.
 Sumber Daya Data
Ø  Data-data yang terdapat dalam file Perusahaan yang digunakan untuk mengelolah dalam mengembangkan perusahaan tersebut seperti Mengumpulkan data dari file web log ( seperti web browser saudara, system operasi, halaman yang dikunjungi dsb).
Ø  Database perusahaan tentang undian dan kontes.
Ø  Sertifikasi sistem manajemen mutu ISO 9002, sertifikasi Halal dari LPPOM-MUI (Lembaga Pengkajian Pangan Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia) dan menerapkan GMP (Good Manufacture Process) dan HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point).

12.         Strategi untuk Menghadapi Persaingan
PT Nutrifood juga memberikan layanan jasa konsumen. Bantuan kepada Persadia dalam penanganan Diabetes; berkerjasama dengan Departemen Kesehatan RI pada peringatan Hari AIDS 2006; membangun Puskesmas Harjasari-Bogor; membangun kembali SD Kedung Pring, Bantuan akibat gempa bumi; memberikan bantuan kepada para penderita thalassaemia melalui Yayasan Thalassaemia Indonesia, pada hari Donor Darah Internasional 14 Juni lalu; mensponsori kegiatan ”Ngopi bersama Komisi Nasional Perlindungan Anak” yang membahas masalah aktual anak; dan banyak kegiatan sosial lainnya.
Mereka memberikan program ”Sehat Lagi, Semangat Lagi Bersama Nutri Sari”. Dalam program tersebut Nutri Sari mengajak masyarakat Indonesia agar melakukan pola hidup sehat, dan menekankan bahwa semangat berasal dari tubuh yang sehat.

13.         Strategi Pengembangan
PT. Nutrifood Indonesia, produsen makanan dan minuman kesehatan, dengan rasa yang nikmat, bersama dengan salah satu produk unggulannya yaitu, Nutri Sari, kembali mengajak keluarga Indonesia untuk hidup bernutrisi, bergaya hidup yang sehat dan seimbang, melalui program ”Nutrifood Peduli Nutrisi Anak, Agar Anak Tetap Bersemangat”, dengan meluncurkan program ”Sehat Lagi, Semangat Lagi Bersama Nutri Sari”. Dalam program tersebut Nutri Sari mengajak masyarakat Indonesia agar melakukan pola hidup sehat, dan menekankan bahwa semangat berasal dari tubuh yang sehat.
Timbulnya kesadaran akan hidup sehat sejak dini akan melahirkan anak-anak Indonesia yang sehat, bersemangat dan berkualitas, sesuai dengan tema peringatan Anak Nasional 2007, yakni ”Anak Indonesia berkualitas, siap menjadi pemimpin di masa depan”. Terbentuknya anak Indonesia yang berkualitas, tidak cukup hanya dengan memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya makanan dan minuman bergizi. Hal ini disadari oleh PT. Nutrifood Indonesia melalui produk-produknya, maka selain memberikan pengetahuan kepada masyarakat melalui bantuan publikasi media, juga serentak dilakukan serangkaian program yang secara nyata mendorong peningkatan semangat anak Indonesia.
Selain itu juga, masih mengusung tema ”Bagaimana menjaga semangat didik di dalam kelas, Nutri Sari bekerja sama dengan Indomaret mengadakan pemilihan ”Guru Bersemangat”. Program ini dilaksanakan mulai bulan Agustus hingga Akhir September. Guru bersemangat dipilih berdasarkan esai terbaik yang dikirimkan ke Nutrisari, dan 10 orang pemenangnya akan mendapatkan uang tunai sebesar 2 juta rupiah.
Sementara untuk kegiatan roadshow exhibition, akan dilakukan di 3 (tiga) kota besar di Indonesia, yang telah diawali di kota Bandung pada tanggal 22 Juli 2007 yang lalu bertempat Lapangan Saparua, dan dilanjutkan di Jakarta tanggal 11-12 Agustus di Lapangan MBAU Aldiron Pancoran dan Surabaya tanggal 2 Sept 2007 di Lap Parkir Delta Plaza. Acara dimulai jam 7 pagi sampai dengan 5 sore dan ikut dimeriahkan oleh Indy Barends. Selain bermacam permainan seru, juga akan ada booth mengenai Rahasia si Jeruk, lomba yel-yel semangat keluarga, cheerleaders dan jam jeruk raksasa.

14.         Proses Dukungan untuk Pelanggan
Sebagai bagian dari masyarakat, PT. Nutrifood Indonesia melakukan program peduli masyarakat, dengan tema “Nutrifood Cares For every Lifestages” antara lain: memberikan bantuan kepada Persadia dalam penanganan Diabetes; berkerjasama dengan Departemen Kesehatan RI pada peringatan Hari AIDS 2006; membangun Puskesmas Harjasari-Bogor; membangun kembali SD Kedung Pring, Bantul akibat gempa bumi; memberikan bantuan kepada para penderita thalassaemia melalui Yayasan Thalassaemia Indonesia, pada hari Donor Darah Internasional 14 Juni lalu; mensponsori kegiatan ”Ngopi bersama Komisi Nasional Perlindungan Anak” yang membahas masalah aktual anak; dan banyak kegiatan sosial lainnya.
Interface atau tampilan situs pada Perusahaan NutriSari yaitu menarik karena situs tersebut berwarna Orange dilengkapi dengan gambar Jeruk raksasa yang lucu dan gambar-gambar yang unik dengan tampilannya yang interktif dan animatif. Menu dan Navigasinya mudah untuk diproses dan dipelajari karena menggunakan bahasa Indonesia.

15.         Komoditas Ekspor PT Nutrifood Indonesia
Dalam melakukan aktivitas pendistribusian dan penjualan produk, baik di pasar lokal maupun Internasional, kami didukung oleh Nutri Interglobal Exporindo (NINE—salah satu strategic business unit dari PT Nutrifood Indonesia). Selain itu, berbagai agen besar yang tersebar di berbagai propinsi di Indonesia juga ikut membantu pemerataan distribusi dan penjualan produk kami agar semakin cepat dapat diterima oleh konsumen.
Aktivitas pemasaran ini juga telah melewati batas negara dengan melakukan ekspor ke luar negeri (dengan nama Nutri C, nassim fresh fruity), antara lain ke Nigeria, Vietnam, Srilanka, Bangladesh, Yamen, Fiji, Australia dan Afganistan. Kami terus mengembangkan pemasaran produk-produk kami, baik di pasar lokal maupun internasional untuk memenuhi kebutuhan konsumen di berbagai tempat di belahan dunia.
Komoditas Indonesia KBRI Abuja bekerja sama dengan kantor Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Lagos menyelenggarakan kegiatan promosi Trade Expo Indonesia (TEI) 2012 dan Culture Trip pada 8-14 Juli 2012 di Lagos (Nigeria), Cotonou (Rep Benin), Lome (Togo), dan Accra (Ghana).
Untuk mencapai target tersebut, mulai pertengahan Juli 2012, ITPC Lagos mulai intensif mempromosikan TEI 2012 baik di Nigeria maupun di kawasan Afrika Barat. Promosi dilakukan dalam bentuk presentasi mengenai Trade Expo Indonesia 2012 dan dilanjutkan dengan pertemuan Business to Business (B to B) antara pengusaha Indonesia (PT. Nutrifood Indonesia, CV. Tatie & Co) dengan pengusaha di masing-masing negara yang dikunjungi. Kegiatan tersebut dilakukan di Gedung Chambers of Commerce baik di Lagos, Benin, Togo dan Ghana.
Dalam pertemuan B to B, PT. Nutrifood Indonesia telah mendapatkan beberapa importir dari Negara Togo dan Ghana. Negara di Afrika Barat memiliki pasar yang sangat besar untuk produk nonmigas khususnya Nigeria yang merupakan negara pengimpor terbesar di Afrika. Nilai ekspor Indonesia ke Afrika Barat memiliki rata-rata peningkatan sebesar 24% per tahun pada periode 2006-2010. Diharapkan dengan adanya acara seperti ini dapat lebih mengenalkan Indonesia di dunia usaha Afrika Barat dan membuat produk Indonesia lebih diminati negara tersebut, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan nilai ekspor produk Indonesia.
Gabungan pengusaha makanan dan minuman indonesia (gapmi) berharap dapat menunjang perdagangan kedua benua ini. Jumlah penduduk Asia Afrika yang mencapai empat miliar menjadi salah satu potensi pasar yang dapat digarap secara serius. Dengan  adanya kerjasama tersebut memberikan kesempatan untuk membuka hubungan dan perdagangan yang lebih lancar.  Ekspor makanan dan minuman ke Asia Afrika sudah dimulai sejak beberapa tahun silam, namun kondisi keamanan dan perbankan yang tidak stabil menyebabkan ekspor dari indonesia ke afrika baru sekitlitar 20% dari total ekspor makanan dan minuman.
Hambatan lainnya yang timbul adalah belum ada keterbukaan informasi diantara negara-negara Asia Afrika. Hal ini mempersulit rencana ekspor dan hitung-hitungan investasi dinegara yang akan dituju, padahal peluang ekspor sangat besar karena kedua benua belum menerapkan aturan keamanan pangan dan kesehatan seketat standar yang diterapkan Amerika Serikat dan Uni Eropa.
BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
 PT Nutrifood Indonesia merupakan salah satu perusahaan swasta nasional yang telah berhasil mengembangkan pasarnya bukan hanya di pasar lokal tetapi juga ke pasar ekspor ke negara-negara berkembang lain. PT Nutrifood Indonesia menerapkan sistem mutu untuk memperoleh produk yang konsisten dan sesuai standar, serta untuk mendapatkan pengakuan internasional.
Dalam melakukan aktivitas pendistribusian dan penjualan produk, baik di pasar lokal maupun Internasional, kami didukung oleh Nutri Interglobal Exporindo (NINE—salah satu strategic business unit dari PT Nutrifood Indonesia). Selain itu, berbagai agen besar yang tersebar di berbagai propinsi di Indonesia juga ikut membantu pemerataan distribusi dan penjualan produk kami agar semakin cepat dapat diterima oleh konsumen.
Aktivitas pemasaran ini juga telah melewati batas negara dengan melakukan ekspor ke luar negeri (dengan nama Nutri C, nassim fresh fruity), antara lain ke Nigeria, Vietnam, Srilanka, Bangladesh, Yamen, Fiji, Australia dan Afganistan. Kami terus mengembangkan pemasaran produk-produk kami, baik di pasar lokal maupun internasional untuk memenuhi kebutuhan konsumen di berbagai tempat di belahan dunia.
Saran
·         Perlu adannya keterbukaan informasi dalam melakuakan ekspor maupun impor khususnya hubungan multilateral antara Asia-Afrika, sehingga tidak mempersulit rencana ekspor dan membuka peluang investor untuk berinvestasi.
·         Adannya penyesuaian penerapan aturan keamanan pangan dan kesehatan di negara-negara Asia-Afrika seperti standar yang diterapkan Amerika Serikat dan Uni Eropa.